Tuesday, July 22, 2014

Media Pembelajaran Kreatif

Dalam proses belajar mengajar, media sangat diperlukan oleh seorang guru. Hal sering kali diabaikan oleh guru, baik guru PAI maupun guru dari bidang studi lain. Sebagian besar siswa selalu dicekoki dengan materi menghitung maupun menghafal. Semua aktifitas tersebut tentunya membuat otak kiri menjadi lebih banyak bekerja. Sebaliknya otak kanan siswa menjadi pasif menyimpan banyak potensi di dalamnya.

System yang ada didalam otak harus saling menyatu, dimana kesemua komponen akan saling mempengaruhi. Antara otak kanan dengan otak kiri harus ada keseimbangan yang baik. Maka oleh sebab itu guru mempunyai kewajiban untuk mengembangkan otak kanan siswa. Hal ini berpengaruh pada proses adaptasi siswa terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Desain media pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus mampu mengaktifkan otak kanan untuk bekerja. Sertakan imajinasi atau khayalan kepada siswa untuk berpikir. Kegiatan ini akan membuat siswa menjadi lebih mudah untuk mengingat tentang materi yang disampaikan guru.

Artikel menarik lainnya:
beberapa macam pendekatan pembelajaran
model dan strategi pembelajaran
media untuk pembelajaran
keterampilan guru mengajar
blog berisikan pendidikan

No comments:

Post a Comment