Monday, July 28, 2014

Pengertian Pembelajaran Berbasis TIK

Dalam bahasa latin media diartikan sebagai perantara. Dan dijelaskan dalam dictionary of education bahwa media merupakan perantara yang digunakan dalam berbagai kegiatan komunikasi. Fungsinya sebagai perantara sehingga media dapat berupa radio, Koran, televise, dan computer.

Menurut gagne bahwa, media terdiri dari berbagai jenis komponen pada lingkungan siswa yang digunakan untuk merangsang belajar. Sedangkan Briggs menjelaskan bahwa media merupakan semua peralatan fisik yang digunakan untuk menyampaikan pesan untuk merangsang belajar siswa.

Dari beberapa pandangan di atas dapat kita Tarik kesimpulan bahwa media adalah segala jenis perantara baik berupa benda yang berfungsi untuk menyalurkan informasi dari informan kepada orang yang membutuhkan informasi. Hal ini lebih dikenal dengan istilah media untuk pembelajaran.

Menurut Suyitno (1997) bahwa, media pembelajaran adalah peralatan yang terdiri dari perangkat keras dan lunak yang bermanfaat sebagai alat bantu dalam mengajar. Tentunya alat bantu ini harus disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran yang akan disampaikan supaya kegiatan belajar mengajar semakin efektif. Disamping itu karakteristik siswa juga harus diperhatikan. Tentunya sekarang ini proses belajar berbasis TIK sedang marak digunakan karena tuntunan pendidikan yang selalu dinamis dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Kunjungi link berikut untuk melihat artikel menarik lainnya:
pendidikan anak
contoh desain pembelajaran
metode pembelajaran fisika
metode pembelajaran sejarah
peran media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar
metode pembelajaran ceramah plus
model-model pembelajaran kimia

No comments:

Post a Comment