Monday, August 4, 2014

Pengantar Pembelajaran Afektif

Beberapa orang beranggapan bahwasanya sikap tidak perlu diajarakan, seperti bidang ilmu yang lain diantaranya limu social, fisika, ekonomi, matematika, dll. Bidang afektif tepatnya bukan berasal dari istilah pengajaran tapi pendidikan.

Penerapan strategi pembelajaran afektif tentu saja berbeda dengan strategi pembelajaran kognitif atau keterampilan. Afektif memiliki kaitan dengan value (nilai), oleh sebab itu sulit diukur. Afektif berhubungan dengan kesadaran seseorang yang sudah ada dalam diri seseorang.

Pada kejadian behavioral, afeksi dapat muncul. Namun dibutuhkan ketelitian dan observasi yang mendalam untuk menarik kesimpulan dari kejadian ini. Melakukan hal tersebut bukan sesuatu yang mudah dikarenakan perubahan sikap yang terjadi merupakan hasil dari proses belajar yang dilakukan guru di dalam sekolah.

Hakikat dari nilai adalah konsep yang terdapat pada pikiran seseorang yang sulit ditampakan karena sifatnya tersembunyi. Adanya nilai seseorang dapat membedakan antara yang baik dan buruk, adil dan tidak adil, nyaman dan tidak nyaman, baik dan buruk, dsb.

Artikel menarik lainnya:
administrasi untuk pembelajaran
pengertian pendidikan dan pengajaran
analisis materi pembelajaran
ciri-ciri media pembelajaran
media visual dalam pembelajaran
tentang ilmu pengetahuan sosial
pembelajaran di sd


No comments:

Post a Comment