Monday, November 17, 2014

Urutan Rantai Makanan

Dalam kehidupan pasti akan selalu ada peristiwa makan dan juga dimakan. Peristiwa inilah yang dikenal dengan rantai makanan dengan bahasa yang lebih mudah. Rantai makanan adalah interaksi antar mahluk hidup untuk makan dan dimakan yang terjadi didalam lingkungannya dengan urutan tertentu. Atau bisa juga dikatan sebagai urutan perpindahan energi makanan dari organisme satu ke organisme yang lain melaui jenjang makanan.

Urutan umum dalam rantai makanan adalah produsen, konsumen tingkat pertama (herbivora), konsumen tingkat kedua (karnivora), konsumen tingkat ketiga (omniviora) lalu kemudian bakteri yang bertindak sebagai pengurai.

Yang bertindak sebagai produsen adalah tumbuhan sebagai penyedia makanan. Semua rantai makanan pasti selalu diawali dengan tumbuhan.

Konsumen tingkat pertama. Pada rantai makanan yang bertindak sebagai konsumen tingkat pertama adalah mereka yang masuk dalam golongan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Konsumen tingkat kedua adalah golongan karnivora atau biasa dikenal dengan pemakan daging, sedangkan konsumen tingkat ketiga adalah golongan omnivora

Urutan rantai makanan yang terakhir adalah bakteri yang berguna sebagai pengurai atau dekomposer.

Itulah urutan-urutan dari rantai makanan. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat. 
 
Artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment