Wednesday, October 22, 2014

Pengertian Pembelajaran Scramble

Scramble adalah sebuah permainan yang bisa dilakukan 2 hingga 4 orang dimana para pemainnya diharuskan untuk menyusun kembali kata-kata dari potongan kalimat yang telah diacak susunannya susunannya terlebih dahulu. Model pembelajaran scramble adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dengan mencocokkkan kartu yang berisi pertanyaan dan kartu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan soal.

Menurut Soeparno model pembelajaran scramble adalah salah satu permainan bahasa, pada hakikatnya permainan bahasa merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan.

Secara umum model pembelajaran scramble dipakai untuk melatih siswa untuk menguatkan pemahaman atau mengecek pemahaman para siswa pada materi pembelajaran melalui permainan menyusun kata atau hhuruf yang telah diacak.

Model pembelajaran scramble lebih tepat digunakan untuk ilmu sosial seperti ekonomi,sejarah , antropologi, geografi, sosiologi dan juga tata negara. Pada anak sekolah dasar dapat diterapkan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dan sejarah.

Model pembelajaran scramble akan melatih siswa lebih kreatif dan mendorong siswa untuk lebih kooperatif.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment